KEBUTUHAN MINERAL

Mineral dibutuhkan oleh sapi untuk kebutuhan hidup pokok dan pertumbuhan karena keterlibatannya dalam berbagai enzim dan reaksi kimia yang terjadi dalam jaringan tubuh. Mineral juga tertimbun dalam tulang dan gigi  sehingga dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Kebutuhan mineral terutama tergantung pada fase pertumbuhan atau reproduksi ternak. Jumlah dan macam mineral yang perlu ditambahkan dalam ransum tergantung pada macam makanan dan defisiensi mineral tanah. Mineral yang biasanya perlu ditambahkan dalam ransum sapi potong adalah  Ca, P, K, dan S. Di beberapa daerah tertentu, jenis mineral yang perlu ditambahkan ke dalam ransum adalah I, Co, dan Se.

Mineral-mineral ada yang dibutuhkan dalam jumlah yang relatif banyak (major mineral) dan ada pula yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit (trace mineral). Major mineral meliputi  Ca, P, Na, Cl, Mg, dan K. Sementara trace mineral meliputi  I, Co, Mn,Zn, S, Cuy, Se, Fe, dan F.

Kekurangan  jumlah mineral pada ternak sapi dapat menyebabkan meningkatnya insiden penyakit dan masalah reproduksi, produksi yang rendah, dan laju pertumbuhan yang menurun pada  sapi dara. Defisiensi mineral utama yang kecil saja mampu mempengaruhi fungsi kekebalan ternak sapi dan kemampuan naturalnya untuk melawan infeksi, seperti pada penyakit mastitis dan penyakit lainnya. Penurunan kekebalan dijumpai sebelum penurunan produksi atau beberapa kelainan akibat defisiensi, seperti perubahan warna bulu dan lesi kulit.

Sumber:

Duniasapi.com

priyonoscience.blogspot.com

allproducts.com

USEP NURULHAZAN

Pemerhati dunia peternakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: