KIRAB SAPI

BOYOLALI, KOMPAS.com— Sedikitnya 80 sapi dan 20 kambing, Jumat (17/9/2010) pagi, dikirab keliling jalan desa di Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kirab sapi yang berlangsung sejak pukul 06.00 WIB dan hanya 1,5 jam itu menandai baqda hewan atau syawalan sapi, tradisi yang sudah puluhan tahun digelar di desa tersebut. Sapi-sapi yang dikirab itu diarak para pemiliknya tepat seminggu setelah Idul Fitri atau tepat 1 Syawal. Di leher sapi tersebut tergantung kupat.

Pada hari ini, hewan tersebut juga memperoleh sajian makanan enak, yakni ketupat, dari pemiliknya. Menurut tokoh masyarakat Sruni, Tirto, baqda sapi adalah tradisi warga dalam menghargai hewan berkaki empat yang menjadi peliharan dan mata pencaharian utama warga desa pegunungan di lereng Merapi ini.

“Ketika Idul Fitri, warga yang bersukacita, kini 1 Syawal giliran hewan peliharaan yang butuh dirawat dan dipamerkan,” ujar Tirto.

Tradisi mengirabkan sapi keliling dusun itu juga bermakna mengajak warga lain memelihara sapi yang selama ini menjadi ikon Boyolali sebagai sentra peternakan sapi perah ataupun sapi pedaging terbesar di Jawa Tengah.

Sumber :

http://regional.kompas.com/read/2010/09/17/09001139/Syawalan.Saatnya.Sapi.Bersukacita

USEP NURULHAZAN

Pemerhati dunia peternakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: