SUSU PENANGKAL ALERGI

Banyak dokter menyarankan susu sapi harus dihindari secara total pada bulan-bulan awal menyusui bayi. Tapi penelitian baru dari Universitas Tel Aviv, Israel, mengatakan bahwa bayi yang diberi susu sapi dalam 15 hari pertama kehidupannya, di kemudian hari terlindungi dari alergi berbahaya.

Prof Yitzhak Katz dari Jurusan Pediatrik, Fakultas Kedokteran, Universitas Tel Aviv, menemukan bahwa bayi yang diberi protein susu sapi secara teratur sebelum usia 15 hari, dalam bentuk susu formula, tampaknya terlindungi dari alergi terhadap protein yang sama di kemudian hari.

Anak-anak yang pada masa bayi diberi susu formula yang mengandung protein susu sapi, dalam 15 hari pertama kehidupannya, lebih terlindungi dari alergi susu sapi 19 kali daripada bayi yang diberi protein susu sapi setelah usia 15 hari. Alergi protein susu sapi dapat membahayakan bayi, yang bisa menyebabkan ruam, masalah pernapasan, syok dan bahkan kematian.

Yang cukup mengejutkan dari hasil studi ini ketika Prof Katz dan rekan-rekannya menemukan bahwa alergi protein susu sapi disertai oleh alergi susu kedelai. katanya, seraya menambahkan bahwa mereka tidak menemukan hubungan antara susu sapi dan alergi kedelai, meskipun bukti sebelumnya menyebutkan kaitan ini.”Kedelai masih merupakan alternatif makanan yang wajar bagi anak-anak dengan alergi susu sapi,”

Dia tidak dapat mengatakan berapa banyak susu formula yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek protektif, namun dokter menyarankan satu botol pada malam hari bagi ibu yang sedang menyusui.

Dikutip dari :

http://id.shvoong.com

Sumber gambar :

m.kompas.com

By/Nurulhazan

Pemerhati Dunia Peternakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: