BIRAHI SAPI

Barahi pada sapi, atau yang dikenal di dunia peternakan sebagai ESTRUS, adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan suatu status fisiologis yang dialami oleh hewan betina dimana hewan betina tersebut secara fisiologis (berbagai fenomena yang terjadi di dalam tubuh dan dimanivestasikan berupa gejala fisik) siap untuk melakukan perkawinan.

Pengetahuan peternak terntang estrus ini akan sangan mempengaruhi keberhasilannya dalam menjalankan usaha peternakan. Para praktisi dan para akademisi yang berkecimpung di dunia peternakan tentunya sudah faham bahwa, peningkatan produksi ternak baik berupa daging ataupun susu, secara significan dipengaruhi oleh penanganan reproduksi yang baik.

Fakta di lapangan, sering terjadi peternak yang mengalami kerugian yang diakibatkan oleh tidak efisiennya penanganan reproduksi, termasuk di dalamnya pengamatan masa estrus/birahi.

Dapat kita bayangkan ketika seorang peternak tidak memahami masalah estrus(birahi)ini,ketika ia mengawinkan sapi padahal betina tidak dalam kondisi estrus/birahi, maka kebuntingan yang diharapkan tidak akan pernah terjadi.

Pertanyaannya, bagaimana cara mendeteksi estrus/birahi pada sapi itu ??..

Oke..berikut akan saya sajikan cara praktis mendeteksi birahi, yang bisa dilakukan secara praktis di lapangan tanpa memerlukan peralatan yang sulit dicari.

Berikut tanda – tanda sapi dalam kondisi birahi :

1. Sapi betina terlihat gelisah.

2. memperlihatkan gejala homo dengan saling menaiki sesama betina (pada kandang koloni).

3. Sering melenguh.

4. Kelamin luar /vulva nampak 3B (bareuh, beureum, baseuh). istilah ini sudah lumrah di kalangan peternak sapi di Jawa Barat.

5. Terlihat adanya lendir kental berwarna bening yang menggantung pada vulvanya.

6. Jika dipalpasi rektal, maka uterus terasa kontraksi dan mengeras.

Fase birahi ini akan terjadi selama 10 – 15 jam. Sehingga jika terliha gejala tersebut pada pagi hari, lakukanlah IB (inseminasi buatan) pada sore hari. Jika gejala terlihat pada sore hari, maka lakukan IB pada pagi hari, keesokan harinya.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar :

iaea.org

By/Nurulhazan

Pemerhati Dunia Peternakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: