SAPI MINI

Ditulis oleh : Abrianto

Warga Amerika Serikat rata-rata  mengkonsumsi 30 kilogram sapi setiap tahun dan angka ini terus meningkat.

Kondisi ini  memaksa berbagai para ahli untuk menemukan solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu penelitian yang dilakukan sejak tahun 1940 adalah mengembangbiakan sapi yang berukuran lebih besar dari sapi Inggris. Namun, tingginya pajak menyebabkan beberapa peternak menutup lahan mereka.

Beberapa waktu yang lalu, Professor Richard Gradwohl justru berpikir sebaliknya.  Walaupun dianggap gila, Gradwohl sengaja mengembangbiakkan 18 hewan ternak sapi miniatur baru di peternakan sapi Seattle, termasuk sapi setinggi 107cm yang diberi nama Miniature Panda. Gradwohl juga mengembangkan sapi supermini setinggi kurang dari 96,5cm.

Berdasarkan penelitiannya, sapi berukuran mini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sapi ukuran standar yaitu  :

  • Sapi berukuran kecil lebih pas dengan kebutuhan.
  • Efisiensi lahan : dengan lahan seluas 5 hektar, dapat mengembangbiakkan 10 ekor sapi mini, bukan hanya dua ekor sapi berukuran biasa. Oleh karena itu, dengan kuantitas tanah yang sama dapat menghasilkan daging sapi hingga tiga kali lebih banyak dengan sepertiga jumlah pakan.“
  • Sapi mini ini dapat meminimalisir kontribusinya pada efek rumah kaca, karena 10 sapi mini menghasilkan jumlah metana yang sama dengan 1 sapi berukuran rata-rata.
  • Daging sapi mini memiliki rasa yang menakjubkan. Semakin besar sapi maka semakin besar sel otot. Sel yang lebih pendek pada sapi mini menyebabkan daging lebih empuk dan rasa alami yang lebih baik.

Gradwohl saat ini telah mendistribusikan sapi mini termasuk embrio-nya ke seluruh dunia, kecuali Inggris, karena negara ini telah mengembangkan sapi ‘dexter’ yang memiliki tinggi 96-111cm.

Sumber :

duniasapi.com

Sumber gambar :

mistymeadowfarmva.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: